Home » Uncategorized » Manajemen Ide

Manajemen Ide

Pernahkah anda mengalami hal yang tidak mengenakkan bahkan menyakitkan saat ide anda dicuri atau disabotase oleh orang lain? Jawaban saya sendiri adalah pernah mengalami dan rasanya menyakitkan sekali. Saya mengalami ide saya dicuri oleh atasan dan rekan kerja saya. Dan mereka satu tim.

Mengelola (manage) ide/gagasan kita agar tidak tercuri atau tersabotase oleh orang lain? Dalam artikel ini kita pelajari bagaimana kita mengelola ide-ide kita agar tidak sabotase oleh atasan, rekan kerja atau oleh bawahan kita. Pembahasan akan dilakukan dilingkungan perusahaan.

Bagi anda yang kebetulan bekerja pada perusahaan besar, anda tidak akan khawatir dengan adanya sabotase ide. Biasanya pada perusahaan besar prosedur yang jelas tentang bagaimana menyampaikan ide kita serta aturan reward atas ide kita apabila ide kita ternyata berhasil. Misalnya : perusahaan yang sudah menggunakan manajemen mutu terpadu, maka ide-ide yang inovatif dari karyawan bisa disalurkan melalui gugus kendali mutu, sistem sumbang saran, 5S, 5R, KKM dan lainnya. Atau bila perusahaan itu sudah memasukkan ide yang sudah terbukti dan teruji sebagai komponen point task force karyawannya maka ide-ide kita relatif aman dari sabotase. Namun bagaimana jika anda bekerja pada perusahaan yang tidak ada sarana yang baku atau belum mempunyai prosedur yang jelas untuk penyampaian ide kita? Tentunya anda perlu berhati-hati agar ide-ide anda tidak tersabotase.

Beberapa langkah agar ide-ide inovatif anda tidak jatuh ke tangan orang lain adalah:

Catat ide-ide yang terlintas dipikiran anda. Biasakan membawa buku catatan kecil serta alat tulis atau bisa mencatat dalam gadget anda. Ide anda yang sudah di catat, mintakan persetujuan dari atasan untuk merealisasikan ide tersebut.

Apabila anda sudah mendapatkan persetujuan atasan untuk merealisasikan ide tersebut maka langkah selanjutnya adalah :

  1. Lakukan analisa yang mendalam dari ide anda.
  2. Kumpulkan data-data awal dari permasalahan yang ingin anda coba pecahkan. Lakukan analisa penyebab dengan menggunakan Fish Bone Diagram. Fish Bone Diagram ini menunjukkan hubungan antara faktor-faktor penyebab masalah dan akibat yang ditimbulkan sehingga dapat mempermudah untuk mengidentifikasi suatu permasalahan serta memunculkan ide-ide dalam mengatasi suatu permasalahan.
  3. Uji dan tentukan penyebab dominan dari permasalahan tersebut.
  4. Setelah beberapa penyebab sudah kita dapatkan, maka lakukan pengujian untuk mendapatkan penyebab paling dominan.
  5. Buat rencana dan melaksanakan perbaikan
  6. Susun rencana perbaikan dengan 5W2H, yaitu Why, What, Who, When, Where, How and How Much. Masukkan penyebab dominan yang diketemukan ke dalam 5W2H ini, setelah itu lakukan perbaikan. Jangan lupa membuat alternatif rencana lain jika seandainya hasil perbaikan tidak cukup memuaskan.
  7. Teliti hasil
  8. Monitor hasil perbaikan sampai mencapai hasil yang optimal, catat hasil perbaikan dan bandingkan hasil perbaikan dengan sebelum perbaikan.
  9. Buat standar baru.
  10. Setelah serangkaian percobaan perbaikan berhasil, maka langkah selanjutnya adalah membuat standar baru untuk menggantikan standar lama. Dokumentasikan dan mintakan pengesahan dari pihak yang berwenang dari perusahaan anda agar standar baru yang anda buat bisa menggantikan standar yang lama. Agar semua karyawan bekerja sesuai standar yang baru yang sudah di sahkan.

Ide bukanlah komoditas murah, ide yang inovatif merupakan sesuatu hal yang mahal harganya, jadi jagalah agar sesuatu yang mahal itu nantinya akan tetap menjadi milik anda. Apabila atasan anda dan rekan kerja anda atau bawahan anda termasuk dalam kategori “stealer” tukang curi ide orang, maka ada baiknya dalam menyampaikan ide selalu ditembuskan ke rekan kerja anda atau atasan yang lainnya.

Posted oleh: Orang yang telah mengalami idenya dicuri


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: