Home » Management » Kaizen

Kaizen

KAIZEN adalah sebuah sistem perbaikan terus menerus pada kualitas (quality), teknologi (technology), bisnis proses (business process), budaya perusahaan (company’s culture), produktifitas (productivity), keamanan (safety), dan kepemimpinan (leadership). Kata kaizen itu sendiri berasal dari bahasa Jepang yang artinya “continuous improvement”. Dalam sistem ini, semua karyawan terlibat, dari manajemen puncak hingga karyawan level terendah(misal: OB). Sistem ini mendorong semua orang untuk memberikan masukan atas perbaikan (improvement) secara berkala, tidak terbatas sekali dalam periode waktu tertentu, tapi secara terus menerus, seperti yang telah diterapkan oleh perusahaan besar seperti Toyota, Honda dan Canon. Perusahaan di Indonesia yang telah menerapkan sistem kaizen adalah Astra International Grup, Triputra Group, Soho Group, Kalbe Group, Tempo Group, Gramedia Group, dan lain-lain. Perusahaan yang menerapkan sistem kaizen ini pasti akan meningkat produkfitasnya dan menciptakan para pemimpin yang berbudaya, berintegritas dan memiliki kemampuan pengelolaan perusahaan yang sangat baik sehingga perkembangan perusahaan sangat pesat. Pemimpin perusahaan akan sangat memanusiakan karyawannya dan manajemen akan memberikan penghargaan (reward) kepada karyawannya. Namun banyak manajemen perusahaan yang bodoh tidak menerapkan sistem kaizen ini dan tidak peduli dengan sumbang saran (SS) dari karyawan, tindakan perbaikan karyawan, dan lain-lain. Biasanya perkembangan perusahaan yang dipimpin oleh manajemen bodoh tersebut sangat lama. Berikut ini terdapat filosofi yang indah pada Kaizen :

“do it better, make it better, improve it even if it isn’t broken, because if we don’t, we can’t compete with those who do.”

Kaizen merupakan sebuah proses yang, jika dilakukan dengan benar, akan memanusiakan tempat kerja, menghilangkan tekanan kerja keras, dan mengajarkan orang bagaimana melakukan eksperimen pada pekerjaan mereka dengan menggunakan metode ilmiah dan cara belajar untuk menemukan dan menghilangkan pemborosan dalam proses bisnis serta percepatan dalam mencapai tujuan perusahaan.

KAIZEN mindset:

  1. Everything can and should be improved
  2. Not a single day should go by without some kind of improvement being made somewhere in the company
  3. Imagine the ideal customer experience and strive to provide it
  4. Don’t criticize, suggest an improvement
  5. Think of how to improve it instead of why it can’t be improved
  6. Think beyond common sense, even if something is working, try to find the ways to make it work even better
  7. See the problem solving as cross-functional systemic and collaborative approach

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: