Home » Audit » Perbedaan Audit Operasional, Audit Keuangan, Audit Mutu yang dilakukan oleh Internal Audit

Perbedaan Audit Operasional, Audit Keuangan, Audit Mutu yang dilakukan oleh Internal Audit

Banyak dari kita bertanya “apakah perbedaan antara audit operasional, audit keuangan dan audit mutu yang dilakukan oleh Internal Audit?”, dari beberapa karakteristik yang ada kita dapat membedakan antara ketiga jenis audit tersebut antara lain :

  • Tujuan, tujuan dari audit keuangan adalah pemberian opini atas hasil laporan keuangan dan mereview internal control perusahaan yang terkait dengan keuangan perusahaan; Audit operasional bertujuan untuk memperbaiki kinerja; Audit mutu bertujuan mereview prosedur perusahaan supaya pelayanan terhadap pelanggan dapat memadai dan kepuasan pelanggan dapat tercapai sesuai dengan prinsip ISO.
  • Ruang Lingkup, ruang lingkup audit keuangan adalah catatan dari keuangan perusahaan; Ruang lingkup audit operasional adalah aktivitas operasi dari perusahaan; Ruang lingkup dari audit mutu adalah prosedur dan dokumen yang digunakan perusahaan.
  • Keterampilan Dasar, dalam audit keuangan keterampilan dasar yang harus dimiliki auditor adalah dalam bidang keuangan (accounting), legal, risk management dan ISO serta berbagai disiplin ilmu lainnya; Audit operasional menuntut ketrampilan pemahaman atas proses bisnis dan kegiatan operasional perusahaan. Audit mutu menuntut pemahaman atas prosedur proses bisnis perusahaan dan klausul ISO.
  • Orientasi Waktu, dalam audit keuangan kegiatan audit yang dilakukan adalah melihat dari kegiatan yang telah dilakukan masa lalu dan melihat resiko di masa yang akan datang; Audit operasional lebih melihat ke arah kegiatan yang telah dilakukan agar lebih baik dimasa depan; Audit Mutu hanya melihat prosedur yang berlaku pada saat ini saja.
  • Waktu Pelaksanaan Audit, dalam audit keuangan, minimal waktu pelaksanaan audit adalah 2(dua) minggu dan dapat melebihi dari waktu tersebut bila terdapat temuan yang harus dikembangkan; Audit operasional dapat dilaksanakan lebih dari 2(dua) hari dan dapat melebihi apabila terdapat temuan lainnya; Audit mutu dapat dilaksanakan maksimal 1(satu) hari dan tidak boleh mengembangkan temuan lainnya diluar dari yang diaudit.
  • Pelanggan, hasil dari audit keuangan biasanya diperuntukkan bagi stakeholder (pemegang saham, regulator, government, pihak internal perusahaan dan lain-lain); Hasil dari audit operasional biasanya diperuntukkan bagi internal manajemen; Audit mutu diperuntukkan untuk kepentingan internal manajemen dan principal/supplier serta kepentinagn sertifikasi dari ISO.
  • Opini, untuk audit keuangan pemberian opini dari hasil audit adalah mandatory (wajib) dan memberikan rekomendasi atas perbaikan internal kontrol; Untuk audit operasional pemberian rekomendasi dan pemberian opini atas hasil audit adalah diberikan bila perlu; Untuk audit mutu adalah pemberian kategori atas temuan audit (observasi, minor, major).
  • Hasil Audit, hasil audit dari audit keuangan adalah pemberian opini atas laporan keuangan, pemberian resiko yang akan dihadapi manajemen dan pemberian rekomendasi atas perbaikan internal kontrol; Hasil audit dari audit operasional adalah pemberian rekomendasi kepada manajemen; Hasil dari Audit Mutu adalah permintaan dateline perbaikan atas temuan dan tindakan pencegahan yang harus dilakukan.
  • Fokus Audit, fokus audit keuangan adalah kewajaran atas laporan keuangan dan internal kontrol perusahaan dalam meminimalisasi resiko yang terjadi; Fokus audit operasional adalah perbaikan aktivitas operasional perusahaan; Fokus Audit Mutu adalah kepuasan pelanggan dan perbaikan prosedur perusahaan.
  • Ukuran Keberhasilan, keberhasilan atas audit keuangan adalah pemberian opini atas laporan keuangan dan rekomendasi atas perbaikan internal kontrol perusahaan serta jumlah konsultasi yang diberikan dalam rangka perbaikan yang dilakukan oleh auditee; Ukuran keberhasilan audit operasional adalah tindak lanjut atas rekomendasi yang telah dibuat; Ukuran keberhasilan dari audit mutu adalah ketepatan tenggat waktu atas perbaikan yang dilakukan oleh auditee terhadap temuan audit auditor.
Demikian beberapa perbedaan antara audit keuangan, audit operasional dan audit mutu yang dilakukan oleh Internal Audit. Semoga bermanfaat!
Referensi : Berbagai sumber audit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: